O28c's Blog

Just another WordPress.com weblog

UNITED KINGDOM (Telaah Pranata Masyarakat Inggris 1)

pada Maret 6, 2010

Nama: Tini Rosita (10608120)
Kelas: 2sa01

United Kingdom

Sejarah Pembentukan United Kingdom
Dalam konsep nasionalisme yang dirumuskan oleh Gellner, United Kingdom (UK) merupakan salah satu contoh dari konsep official nationalism atau state nationalism, di mana nasionalisme terbentuk dikarenakan oleh keberadaan negara. Budaya nasional dipergunakan sebagai alat pemersatu, di mana dalam hal ini adalah British Culture.
Secara historis, keempat negara yang tergabung dalam United Kingdom dahulu kala merupakan tiga kerajaan yang berbeda, yaitu The Kingdom of England (yang di dalamnya terdapat Wales) dan The Kingdom of Scotland yang membentuk ‘The Kingdom of Great Britain’, di mana akhirnya seabad kemudian bergabung pula The Kingdom of Ireland di dalamnya.
The Kingdom of Great Britain atau Britania Raya yang sekarang lebih dikenal sebagai United Kingdom (UK) ini merupakan suatu negara kesatuan dengan bentuk Monarki Konstitusional, di mana juga memiliki 15 negara persemakmuran (commonwealth), dengan Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan bersama parlemennya yang disebut House of Commons dan House of Lords, dengan pusat pemerintahan di Istana Westminster (London, Inggris).
Tata Letak Britania Raya
Britania Raya, terdiri dari Great Britain (England, Wales, dan Skotlandia) dan Irlandia Utara, adalah dua kali ukuran dari New York State. Inggris, di bagian tenggara dari Kepulauan Inggris, dipisahkan dari Skotlandia di sebelah utara oleh Cheviot grant Hills, dari mereka rantai Pennine meluas selatan dataran tinggi melalui pusat Inggris, mencapai titik tertinggi di Lake District di barat laut. Ke barat di sepanjang perbatasan Wales tanah yang curam bukit dan lembah adalah Pegunungan Cambrian sementara Cotswolds berbagai bukit di Gloucestershire memperpanjang ke Shires sekitarnya. Di sebelah barat adalah Severn dan Wye, yang kosong ke Bristol Channel dan navigasi seperti Mersey dan Ribble.
Pemerintahan Britania Raya
Britania Raya adalah sebuah monarki konstitusional dan demokrasi parlementer, dengan seorang ratu, dan parlemen yang memiliki dua parlemen yaitu House of Lords, dengan kehidupan 574 anggota, 92 turun-temurun teman sebaya, dan 26 uskup dan House of Commons, yang populer 651 anggota terpilih. Kekuasaan tertinggi yaitu legislatif di parlemen, yang duduk selama lima tahun, kecuali dibubarkan lebih cepat. The House of Lords dilucuti sebagian besar kekuasaannya di tahun 1911, dan sekarang fungsi utamanya adalah untuk merevisi perundang-undangan. Pada November 1999, ratusan rekan diusir turun-temurun dalam usaha untuk membuat bagan lebih demokratis. Kekuasaan eksekutif dari Crown dilaksanakan oleh kabinet, dipimpin oleh perdana menteri.
Inggris telah ada sebagai suatu kesatuan entitas sejak abad ke-10; persatuan antara Inggris dan Wales, dimulai pada 1284 dengan Statuta Rhuddlan, tidak diformalkan sampai 1536 dengan Act of Union; dalam UU lain Union pada tahun 1707, Inggris dan Skotlandia setuju untuk tetap bergabung sebagai Britania Raya. Penyatuan legislatif Britania Raya dan Irlandia dilaksanakan pada tahun 1801, dengan adopsi dari nama Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia.
Konsep Kebudayaan United Kingdom
Konsep kebudayaan United Kingdom dapat didefinisikan dalam banyak aspek seperti sejarah dan sastra, galeri seni dan museum, makanan, musik, dan pendidikan. Ini adalah cara hidup sekelompok orang di United Kingdom. Ini termasuk akumulasi kebiasaan, sikap, keyakinan, adat, seni, makanan, apa yang mereka kenakan, bagaimana mereka mengatur dirinya sendiri, ritual, dll. Total serangkaian kegiatan belajar yang mengidentifikasi anggota-anggota suatu kelompok budaya sementara juga membedakan orang-orang dalam kelompok lain.
Beberapa Aspek Pada United Kingdom
1. Atraction
Ada sekitar 6.400 pengunjung wisata di Britania Raya. Ini termasuk Museum dan galeri seperti National Galeri dan British Museum, rumah-rumah bersejarah dan monumen seperti Tower of London dan Windsor Castle, Gereja-gereja dan katedral seperti St Paul’s Cathedral dan Lain Atraksi turis seperti London Eye.
2. Education
Kerajaan Inggris yang berisi beberapa kursi terkemuka di dunia pendidikan tinggi, seperti Universitas Oxford dan Cambridge, bersama dengan Imperial College, London School of Economics dan University College of the University of London.
3. Science

Britania Raya telah memainkan peran penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Telah menghasilkan tak terhitung banyaknya sarjana, ilmuwan dan insinyur termasuk Sir Isaac Newton, Bertrand Russell, Adam Smith, James Clerk Maxwell. Bangsa ini dikreditkan dengan berbagai penemuan-penemuan ilmiah termasuk hidrogen, oksigen, gravitasi, elektron, struktur DNA, evolusi manusia dan seleksi alam dan penemuan termasuk chronometer, televisi, sepeda modern, komputer elektronik dan pengembangan kemudian Dunia Wide Web.

4. Engineering and innovation

Sebagai tempat kelahiran dari Revolusi Industri, Inggris adalah rumah bagi banyak penemu signifikan selama akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19. Insinyur terkenal Inggris termasuk Isambard Kingdom Brunel, terkenal karena penciptaan Great Western Railway, serangkaian terkenal kapal uap, dan banyak jembatan penting.

5. Cinema
Kerajaan Inggris telah berpengaruh dalam perkembangan bioskop. Film terkenal termasuk Harry Potter, Star Wars dan James Bond seri yang walaupun dibuat oleh studio Amerika, Inggris digunakan bahan-bahan sumber lokasi, aktor dan kru film.
6. Music
Komposer terkenal dari Inggris Raya telah memasukkan Henry Purcell, Sir Edward Elgar, Sir Arthur Sullivan. London tetap menjadi salah satu ibu kota utama musik klasik dunia. Inggris itu dengan Amerika Serikat, salah satu dari dua kontributor utama perkembangan musik rock, dan Inggris telah memberikan beberapa dunia band rock paling terkenal termasuk The Beatles, The Rolling Stones, Led Zeppelin dan Pink Floyd.

7. Sport

Sejumlah olahraga utama berasal dari Inggris Raya, termasuk sepak bola, rugby, cricket dan golf. Inggris adalah rumah bagi banyak dunia klub-klub sepak bola terkenal, seperti Arsenal, Chelsea, Newcastle United, Liverpool, dan Manchester United di Inggris, dan Celtic dan Rangers di Skotlandia. Umumnya tim Inggris berhasil dalam Kompetisi Eropa dan beberapa telah menjadi Piala Eropa / UEFA Champions League pemenang: Liverpool (lima kali), Manchester United (dua kali), Nottingham Forest (dua kali), Aston Villa, dan Celtic.

8. Religion
Kekristenan pertama kali diperkenalkan ke Britania oleh bangsa Romawi. Inggris masih merupakan negara yang didominasi Kristen. Kelompok-kelompok Kristen besar lainnya termasuk Methodis dan Baptis. Ada juga tumbuh gereja-gereja Injili atau Pantekosta, banyak di antaranya telah berkembang dengan imigrasi dari seluruh Persemakmuran Bangsa-Bangsa dan seterusnya. Britania modern selalu memiliki minoritas agama-agama lain seperti Islam, Sikhisme, Hinduisme, dan Yudaisme.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: